Manfaat Bangun Pagi

Senin, 24 Juni 2013

Manfaat Bangun Pagi

Bagi pelajar, pekerja, atau pengusaha, yang namanya bangun pagi pasti sudah biasa. Kalau bangun kesiangan, itu baru luar biasa. Kecuali kalau memang Anda tipe pekerja shift malam, atau seorang blogger (seperti saya, hehehe) yang terbiasa bekerja di malam hari dengan istilah begadang lalu menebus jam tidur di siang hari. Idealnya waktu tidur menjadi lebih efektif pada kisaran 22.00 sampai 05.00, kalaupun Anda harus lembur, tetap usahakan untuk bangun pagi. Pengalaman saya, bangun kesiangan menyebabkan emosi menjadi labil. Merusak jam biologis tubuh.


Apa sajakah manfaat bangun pagi?


Menjadi Lebih Bahagia
Tidak seperti di iklan-iklan, Anda bangun pagi hari sambil tersenyum bahagia, ah, jangan terlalu mendramatisir. Anda hanya perlu mengerti bahwa bangun lebih awal memberi kesempatan kepada diri Anda untuk melihat lebih banyak hal. Maksud saya, ada banyak hal yang Anda lihat di pagi hari, seperti kicauan burung di rumah tetangga, minum teh, melihat ibu memasak, melihat ayah baca koran (meski Anda lebih memilih baca berita di internet), hal-hal kecil itu tidak akan Anda dapatkan kalau Anda bangun kesiangan. Saya suka melihat transisi pemandangan dari gelap menjadi terang, saya tidak bisa menjelaskan kenapa hal itu bisa membuat saya lebih bahagia. Saya seperti mendapat harapan baru.

Menjadi Lebih Produktif
Mana mungkin seseorang bangun lebih awal tanpa mengerjakan apa-apa. Pada kenyataannya, seseorang bangun pagi (atau memaksakan diri bangun pagi) karena harus pergi sekolah atau ke kantor. Tidak bisa dipungkiri bahwa bangun pagi menjadikan Anda lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan hari ini, apalagi kalau Anda bisa mendapat hasil yang maksimal. Anggaplah pekerjaan yang Anda kerjakan untuk kepuasan diri, saran saya. Kalau pun Anda sedang libur, Anda bisa melakukan hal-hal baru seperti merapikan kamar, membersihkan rumah dan perabotan lain yang kemarin-kemarin sempat terabaikan.

Menjadi Lebih Sehat
Dan akhirnya tibalah saya pada penyampaian blog ini, untuk menjadi lebih sehat! Membiasakan diri bangun lebih awal membuat mood lebih baik dan mental menjadi lebih optimis. Sehingga Anda lebih mudah merasa puas. Berbeda dengan orang yang biasa begadang, meski mereka lebih kreatif, tapi kebiasaan begadang dan bangun siang malah berdampak depresi dan pesimis. Bangunlah pecundang, saatnya berolahraga. :)

Manfaat bangun pagi sebenarnya sangat banyak, Anda akan mendapatkan semua itu dengan mencoba. Atau,  hitung satu per satu manfaat apa saja yang sudah Anda dapatkan. Atau tidak usah.

See you next around,


4 komentar :

  1. ternya banyak manfaatnya ya, haha

    BalasHapus
  2. artikelnya bermanfaat banget buat saya, mba els...

    mulai besok pagi insyaalloh saya akan membiasakan bangun pagi lebih awal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketahuan suka bangun siang ya? hehe

      Hapus