Manfaat dan Efek Negatif Kopi

Selasa, 27 Agustus 2013

Manfaat dan Efek Negatif Kopi

Minum kopi adalah salah satu cara menikmati waktu senggang, dan orang yang tahu cara menikmati kopi berarti tahu cara menikmati hidup. Begitu banyaknya orang yang menyukai kopi sebagai minuman favorit sampai-sampai acara minum kopi sambil berbagi cerita dijadikan ritual sosial wajib untuk saling mendekatkan diri satu sama lain. Tidak heran kalau kopi bisa bikin awet muda, tapi konsumsi kopi berlebihan ternyata malah mendatangkan efek negatif.

manfaat dan efek negatif kopi

Manfaat dari Minum Kopi

Menurunkan resiko diabetes.
Menurut Harvard Women’s Health, beberapa cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Menghambat pembentukan sel kanker.
Kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang ditemukan dalam kopi mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang terhadap sejumlah wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi minuman kopi 2 cangkir dalam sehari beresiko 25% lebih rendah terhadap serangan kanker usus besar.

Mengurango resiko terkena stroke.
Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi, dan studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

Efek Negatif dari Kopi

Batas minum kopi bagi kebanyakan orang adalah tiga cangkir sehari. Minum kopi dengan frekuensi yang terlalu sering memicu detak jantung meningkat, akibatnya seseorang yang kecanduan kopi rentan terkena gangguan kardiovaskuler karena minuman yang satu ini tinggi kafein. Banyak orang menjadikan kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk terutama ketika bekerja, akan tetapi konsumsi kopi melebihi batas bisa menyebabkan insomnia, jantung berdebar, hipertensi, dan masalah kesehatan lainnya.

Meskipun kopi mempunyai efek negatif, kopi tetap bisa dinikmati asal kita mengkonsumsinya dalam batas wajar. Ibu hamil sebaiknya tidak disarankan minum kopi untuk menghindari resiko keguguran pada janin.

6 komentar :

  1. makasih buat infonya... :)

    BalasHapus
  2. iya mba elsa,
    masing" ada keuntungan serta kerugian.
    intinya jangan melebihi batas kewajaran aja ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mbak iin suka ngopi juga kah?
      betul deh asal secukupnya..

      Hapus
  3. Saya ngopi sekali sehari itu pun kalo lagi pingin aja :)
    Thx ya mbak utk infonya :)

    BalasHapus
  4. Salah kalau kita menganggap minum kopi itu jelek. Lihat dan coba kopi KGC deh . merupakan kopi penambah stamina yang terdiri ginseng dan kopi pilihan bikin badan kembali bertenaga

    BalasHapus