Gatal Pada Anus, Bolehkah Digaruk?

Senin, 30 September 2013

Gatal Pada Anus, Bolehkah Digaruk?

Beberapa konsumen saya yang menderita ambeien/wasir, mengeluh gatal pada anus setelah minum Ace Maxs. Awalnya saya beranggapan bahwa itu merupakan proses detoksifikasi, dimana setiap individu memiliki metabolisme yang berbeda sehingga ada sebagian orang yang memerlukan penyesuaian ketika menerima produk baru, meski kemungkinan gatal di anus sangat jarang terjadi. Setelah mencari referensi dari berbagai situs kesehatan, di DetikHealth saya menemukan fakta mengejutkan bahwa gatal di anus disebabkan oleh infeksi cacing kremi yang gampang menular. Artinya, orang yang tidak mengidap ambeien sekalipun, tetap bisa terserang gatal di anus.

Bolehkah digaruk? 

Jawabannya: Tidak boleh. Bagi orang yang kukunya tidak terawat, telur-telur cacing kremi bisa bersemayam di kotoran pada sela-sela kuku. Dan orang seringkali menyepelekan kebiasaan anak kecil: cuci tangan sebelum makan. Jadi telur-telur cacing kremi ini dengan mudahnya masuk ke dalam usus kita melalui makanan. Cacing kremi yang bentuknya sama dengan sehelai benang ini pada malam hari akan mencari tempat yang kering untuk bertelur, yaitu di luar anus. Inilah sebabnya kenapa anus gatal lebih sering terasa di malam hari. Dan untuk mencegah telur cacing kremi menempel pada benda lain (celana) serta menghindari radang pada dubur, sebaiknya jangan digaruk. Penggunaan antibiotik atau salep direkomendasikan untuk meminimalisir rasa gatal.

Yang paling penting tentu menghilangkan cacing kreminya. Apabila salah satu anggota keluarga mengalami hal ini, anggota keluarga yang lain juga harus minum obat cacing karena beresiko tertular melalui selimut, sprei, handuk atau boneka. Berendam di air hangat juga diyakini dapat membunuh cacing kremi, serta meredakan pembengkakan pembuluh darah vena bagi penderita ambeien.

Jangan beri kesempatan telur cacing kremi menular lewat kuku Anda. Rajin memotong kuku, rajin mandi setiap hari dan rajin mencuci tangan sebelum makan adalah kebiasaan anak kecil yang tidak boleh Anda tinggalkan, sekalipun Anda sudah dewasa.

10 komentar :

  1. Kalau nggaruknya pelan2 boleh kan mbak??? hehehe :)
    Nice info!

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih jangan deh mbak, ntar nempel ke celana atau ke tangan :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. hehehe cuma ilustrasi aja mas Pri :)

      Hapus
  3. Hadeuuuh kenapa saya jadi berubah fokus yahhh ??????
    :P :P :P

    BalasHapus
  4. Kadang emang ndak tahan buat di garuk juga...hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling penting dihilangkan penyebabnya mas budi.

      Hapus
  5. Obatnya dua jadinya ya, obat gatal dan obat cacing kremi? Tolong disebutkan nama jelas obatnya? Terima kasih

    BalasHapus