Persiapan Memasuki Bulan Ramadhan

Kamis, 04 Juli 2013

Persiapan Memasuki Bulan Ramadhan

Tak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah. Tidak hanya sekedar berpuasa tapi juga bulan Ramadhan merupakan saat-saat penting dalam meningkatkan ibadah. Untuk memasuki bulan Ramadhan berikut ini adalah persiapan yang perlu diperhatikan.



1. Meminta Maaf
Hanya karena kita terbiasa saling bermaaf-maafan pada Hari Idul Fitri nanti bukan berati kita harus menunggu saat yang tepat dulu untuk meminta maaf. Supaya segala kebaikan di bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan benar, ada baiknya meminta maaf kepada keluarga, saudara, teman dan rekan kerja mengenai kesalahan yang disengaja atau pun tidak sengaja.

2. Menyiapkan Target Ibadah
Supaya bulan puasa kali ini lebih berkah dari bulan puasa tahun lalu, ada baiknya kita menyiapkan target dalam beribadah. Soalnya kalau tidak menyiapkan target, nantinya ibadah kita akan dilakukan sesuka hati. Pencapaian target seperti ini penting untuk membantu diri kita dalam mengevaluasi diri, dan tentunya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

3. Menjaga Kondisi Tubuh
Memasuki bulan Ramadhan sebaiknya mulai perhatikan kondisi tubuh, supaya kita tetap sehat selama berpuasa. Dengan mencukupi kebutuhan air minum untuk mencegah dehidrasi dan menahan diri untuk tidak makan berlebihan dapat menjaga tubuh tetap fit. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup.

4. Menyiapkan Dana (optional)
Alangkah lebih baiknya jika selama berpuasa kita memberi sedekah lebih banyak dari hari-hari biasanya. Jangan sampai, di bulan Ramadhan ini pengeluaran menjadi lebih besar dari bulan-bulan sebelumnya untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan.

Demikianlah persiapan memasuki bulan Ramadhan yang telah saya ulas secara singkat, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. :)


5 komentar :

  1. Komentar perdana di blog Elsa...
    Semoga puasanya besok lancar2 aja yaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih :)
      iya mudah-mudahan dilancarkan juga puasanya mas rio.

      Hapus
  2. untuk nomer satu ma nomer dua menjadi prioritasku nomer satu..

    BalasHapus
  3. Selamat berpuasa di bulan yang penuh berkah ini

    BalasHapus
  4. Selamat berpuasa di bulan yang penuh berkah ini

    BalasHapus