Dampak Keseringan Main Internet Sebelum Tidur

Sabtu, 31 Agustus 2013

Sudah tidak diragukan lagi kalau gadget yang didukung akses internet mempermudah kita terhubung ke dunia luar, seperti mengecek email dan media sosial. Semakin canggih gadget, semakin dimanjakan pula pemakainya. Kemudahan akses internet menghantui kita untuk selalu memegang gadget sampai membawanya ke tempat tidur. Terlalu sering internetan sebelum tidur ternyata ada dampaknya.


Teknologi membuat kita merasa lebih baik karena tidak ketinggalan informasi, tapi jika sampai terbangun dua tiga kali di malam hari untuk mengecek internet atau terjaga sepanjang malam karena menikmati akses internet bisa menurunkan kualitas tidur yang berkaitan dengan stress. Tidur yang kurang berkualitas juga menyebabkan seseorang menjadi pesimis, kelaparan, dan obesitas.

Dilansir Daily Mail, Kamis (29/8/2013), penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer tablet bisa membuat penggunanya tidak mendapatkan kualitas tidur malam yang baik. Cahaya tersebut bisa mengurangi produksi zat melotonin, yang berfungsi membuat orang tidur.

Kalau Anda sudah kecanduan sebaiknya kurangi penggunaan ponsel, laptop, dan apa pun yang berbasis layar setidaknya satu jam sebelum tidur. Kualitas tidur yang baik dapat memelihara emosi dan meningkatkan produktifitas ketika bekerja.

Bagi penderita insomnia disarankan mengkonsumsi Ace Maxs yang berkhasiat untuk membuat tidur lebih nyenyak.

15 komentar :

  1. Ini sering saya alami. Biasanya sih saya membalas komen kawan kawan di blog pada waktu malam hari. Dan menjelang tengah malamnya mosting artikel yang baru. Kadang sampai jam 3 ujung ujungnya pagi harinya saya menjadi pucat, kurang istirahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kebiasaan yang kurang baik itu Pak. Saya juga sama membalas komen di malam hari tapi usahakan jam 10 itu harus sudah beres semua, apalagi setelah mematikan komputer butuh waktu sekurang-kurangnya 30 menit untuk bisa benar-benar tidur.

      Hapus
  2. udah g bisa menghindari,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, tapi bukan berarti gak bisa dikurangi kan? :)

      Hapus
  3. iya ni, kalo lagi liburan maunya begadang internetan ^^"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Libur itu artinya berhenti dari pekerjaan, karena ngeblog adalah kerjaan saya maka hari libur gak internetan ^^

      Hapus
  4. wah ternyata bahaya juga ya apabila terlalu sering maen internet. Harus dikurangi lagi nih waktu untuk nge-net nya :)
    Thanks mbak atas informasinya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ini saya juga lagi mengurangi, sama-sama.

      Hapus
  5. waduh aku sering online sebelum tidur karena menunggu dan menjawab yang tercinta kalau ga malah susah tidur , apalagi sembari browser ke sana sini jadi ilang ngantuk - eh ternyata bahaya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang tercinta mengingatkan "jangan kebanyakan main internet, ntar gak cantik lagi lho." pasti langsung diturutin ya mbak anis hehe :D

      Hapus
  6. wah ini kebiasaan yg sering sya lkukan nih,,<
    sbaiknya hrus diubah..
    mkasi buat infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. merubah kebiasaan itu gak susah ko mas asal ada kemauan ^^

      Hapus
  7. kalo sering main gadget dan susah tidur namun jika di imbangi dengan mengkonsumsi Ace Maxs gimana..

    BalasHapus
  8. Tuntutan paket internet :D

    BalasHapus
  9. mesti nekad utk tidak berinternet saat saat penting

    BalasHapus