Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran

Senin, 19 Agustus 2013

Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran

Selama berpuasa kita tidak makan dan minum dalam 13 jam, akan tetapi banyak orang mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran. Kenaikan berat badan usai lebaran disebabkan oleh pola makan yang berubah selama bulan Ramadhan, berhubung orang sudah menahan diri tidak makan dan minum sepanjang hari, maka godaan untuk makan besar ketika matahari terbenam tidak bisa ditolak. Apalagi, menu berbuka diisi dengan masakan istimewa.


Untuk mencegah berat badan naik setelah lebaran, ada tips sederhana yang bisa diterapkan pada cara makan dan pemilihan makanan. Kalori diperoleh dari karbohidrat, protein, dan lemak. Maka sebaiknya batasi makanan yang mengandung tiga komponen tersebut, caranya dengan menggunakan piring kecil. Jadi Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sambil menjaga berat badan.

Selain itu, cobalah untuk mengunyah lebih lama agar makanan dapat dicerna dengan baik serta membuat Anda terasa kenyang lebih lama. Penambahan sayuran dan buah juga dapat menjaga berat badan tetap stabil. Akan tetapi, saat Lebaran menu yang dihidangkan biasanya opor ayam, rendang, dan sebagainya, pasti sulit menemukan sayuran.

Disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan berat. Dengan cara ini Anda dapat mencegah berat badan naik setelah lebaran sambil tetap menikmati santapan yang ada. Jangan lupa untuk berolahraga agar aktifitas yang Anda jalani seimbang. :)

18 komentar :

  1. aku makannya pake piring kecil jg loh.. tapi nambah.. hihihi.. sama aja yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin setelah makanannya habis nambah lagi. wkwk =))

      Hapus
    2. kalo udah enak apa boleh buat nambah lagi wkwkkw

      Hapus
  2. tips yang sangat beguna nih untuk pedoman hidup sehat,,,terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. menjaga kesehatan selagi bisa itu tidak susah ko ;)

      Hapus
  3. wah blog ini saya rasa cocok untuk menambah wawasan saya di dunia kesehatan. setidaknya menambah bahan untuk mengisi artikel kesehatan di blog saya.

    salam kenal dan salam hangat
    DAVID RAJA
    www.DavidRaja.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kunjungannya, semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. hehe saya berat badan malah turun mba ... :) Kurang tidur sih ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tidur juga bisa mengurangi selera makan mas :)

      Hapus
  5. wah, padahal saya sudah tidak sabar dan tiap makan selalu ngunyah cepet, tp kok gk gemuk2 yah? hadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. metabolisme tubuh orang beda-beda ya, mungkin karena mas yanuar tidak kekurangan serat jadi pencernaannya lancar :)

      Hapus
  6. berat badan naik bagi sebagian adalah momok menakutkan tapi ada juga yang santai-santai saja, yang penting bbnya proporsional ya mbak,
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebagian orang menurunkan berat badan sampai menjalani diet, tapi kalau saya pengennya nambah. salam kembali :D

      Hapus
  7. hehe semacam yg lagi ngetren saat ini OCD, lebih bagus tipsnya mbak Elsa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa kabar mas wahyu? asik, dapet ide posting tentang OCD besok. haha

      Hapus
  8. Oh gitu ya mba....
    untung saya gk naik berat badannya.
    berkat OCD hehehhe
    salam kenal mba...
    jangan lupa mampir ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga OCD, wkwkwk
      makan selama 8 jam dan 'berpuasa' selama 16 jam tapi puasanya bebas minum. tinggal olahraganya nih yg mau digiatkan :)

      Hapus