Mengatasi Malas Bekerja Usai Liburan

Rabu, 14 Agustus 2013

Mengatasi Malas Bekerja Usai Liburan

Setelah liburan panjang berakhir, banyak orang mengalami sindrom malas bekerja di hari pertama. Sindrom tersebut dipicu oleh adanya pekerjaan menumpuk yang menunggu untuk segera dikerjakan. Agar bisa semangat kerja lagi, simak tips berikut untuk mengatasi rasa malas usai liburan.

mengatasi malas bekerja

Cara Mengatasi Malas Bekerja Usai Liburan

Berpikir positif.
Jangan dulu berpikir negatif soal bos yang pemarah atau klien yang rewel. Semua pekerjaan pasti ada positif dan negatif-nya, pikirkanlah hal-hal positif menyangkut pekerjaan di hari terakhir liburan. Berikan pengaruh positif pada pekerjaan dengan mengekspresikannya lewat penampilan dan senyuman. Tetap positif membantu kita untuk melihat peluang.

Menyapa rekan kerja.
Setelah sekian lama tidak bertemu rekan kerja, bangkitkan kembali semangat dengan menyapa mereka. Saat bertemu kembali dengan rekan kerja, pasti ada banyak pengalaman seru seputar liburan. Gunakan kesempatan ini untuk saling berbagi cerita.

Santai saja.
“Salah satu alasan mengapa Anda merasa malas saat hari pertama bekerja adalah karena Anda langsung buru-buru bekerja full time, sehingga aktivitasnya jadi membosankan dan tidak dinikmati,” ungkap psikolog dr Meredith Fuller. Oleh karena itu usahakan untuk bersikap tenang dan santai, jangan terburu-buru ingin istirahat atau pulang supaya tidak terjadi kesalahan.

Lakukan hal baru.
Sindrom malas bekerja usai liburan berhubungan dengan sugesti. Lakukan hal-hal yang Anda sukai, misalnya Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik untuk memancing semangat. Dengan membuat tubuh selalu aktif juga dapat menjaga semangat Anda tetap hidup.

Lebih kreatif.
Setelah berkunjung ke tempat-tempat baru, biasanya kita mendapat ide-ide baru yang menunggu untuk direalisasikan. Pada hari pertama bekerja adalah waktu yang tepat untuk menyalurkan ide-ide Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan kejenuhan dengan mengubah posisi meja dan peralatan. 

Rasa malas bisa membuat seseorang kehabisan ide. Maka dari itu jangan biarkan rasa malas menjadi berkepanjangan. Selamat bekerja :)

Sumber: blog.penulispro.com/mengatasi-sindrom-malas-bekerja-usai-liburan

20 komentar :

  1. rileks kan dulu mungkin bagi saya :D

    BalasHapus
  2. masih suasana lebaran khan,
    jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
    back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas saya juga mengucapkan mohon maaf lahir batin.
      hehe masih banyak ni ketupat di rumah saya :D

      Hapus
  3. Makasih infonya,, bermanfaat banget deh....

    BalasHapus
  4. yang susah itu cuma 1, susah bangunnya aja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sindrom susah bangun pagi ya. haha

      Hapus
  5. makasih sist infonya yah.. sangat nenbantu nih, buat nanti saat mulai kerja lagi... alhamdulilah sekarang masih libur di rumah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat menikmati liburannya, tapi jangan lupa nanti harus semangat lagi kerjanya :)

      Hapus
  6. setuju sama ^ kalo udah sholat subuh suka ketiduran lagi

    BalasHapus
  7. Menurut saya, seluruh SARAN DIATAS dapat di lakukan bukan hanya seusai libur panjang. Sekiranya di lakukan setiap hari, pasti akan menjadikan kita mencintai pekerjaan kita, dan klo sudah cinta dengan pekerjaan kita, pasti kita akan semangat dan ringan dalam bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas David, apresiasi yang luar biasa. Rasa malas itu memang sering datang, apalagi seusai liburan, semoga tips di atas bisa membantu :)

      Hapus