Makanan Penyebab Asam Urat

Senin, 02 September 2013

Makanan Penyebab Asam Urat

Pada artikel sebelumnya yang mengulas Pengobatan Tradisional Asam Urat, disebutkan bahwa makanan menjadi salah satu faktor penyebab asam urat. Secara alami, tubuh kita memproduksi asam urat dalam bentuk purin. Kadar asam urat dalam darah normalnya tidak menimbulkan masalah selama itu sesuai dengan kebutuhan tubuh, akan tetapi jenis makanan tertentu dapat menambah kadar asam urat menjadi tinggi.

makanan penyebab asam urat

Makanan Penyebab Asam Urat

Seafood - Makanan laut menempati urutan pertama sebagai makanan yang kaya akan purin, menurut pakar nutrisi di University of Texas Southwestern Medical Center. Untuk mencegah penyakit asam urat sebaiknya kurangi makanan laut seperti kerang, udang, salmon, dll. Atau batasi konsumsi makanan laut sekitar 4-6 ons setiap harinya.

Minuman Beralkohol - Tidak hanya meningkatkan kadar asam urat, minum bir juga dapat menghambat tubuh membersihkan diri dari zat-zat yang tidak diperlukan. Meskipun anggur dianggap sebagai pilihan yang lebih baik, tapi yang namanya alkohol tetap saja gaya hidup buruk bagi semua orang, menurut juru bicara American Dietetic Association. Semua dokter pada dasarnya akan menyarankan kita untuk menjauhi alkohol.

Daging Merah dan Jeroan - Semua daging merah mengandung banyak purin, serta dapat menyebabkan bertambahnya kolesterol. Tidak apa-apa mengkonsumsi daging merah sesekali selama yang dikonsumsi dalam batas wajar. Daging domba diyakini memiliki kandungan purih yang lebih rendah. Sementara jeroan seperti hati, harus dihindari.

Minuman Manis - Hindari minuman yang mengandung pemanis karena mengandung fruktosa yang tinggi. Sebuah studi menunjukkan bahwa pria yang sering mengkonsumsi fruktosa mengalami kenaikan kadar asam urat, dan dalam penelitian yang sama, konsumsi fruktosa setiap hari pada perempuan juga menaikkan resiko asam urat.

Asparagus - Sayuran jenis asparagus seperti kembang kol, bayam, dan jamur mengandung banyak purin akan tetapi jika Anda suka memakannya boleh-boleh saja memakannya sesekali. Tubuh lebih mudah membersihkan purin yang berasal dari sumber nabati (tumbuhan).

Penumpukan asam urat akan menyerang ibu jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Gejala yang paling umum berupa kemerahan, bengkak, dan nyeri pada sendi. Bagi Anda yang terkena asam urat obati segera dengan Jelly Gamat Gold-G.

11 komentar :

  1. wah saya suka makan jeroan

    BalasHapus
  2. wah ternyata minuman yang manis dan sea food bisa menyebabkan penyakit asam urat ya. saya agak lumayan sering mengkonsumsi dua hal itu. wah harus dikurangi nich. thanks mbak atas informasinya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga suka salmon tapi karena lumayan mahal jadi jarang makannya hehe :D

      Hapus
  3. Makanan seperti ini tentunya jadi hal penting untuk diingat supaya konsumsinya dikurangi biar asam uratnya tidak kambuh lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penderita asam urat harus menerapkan diet rendah purin :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Kita harus selektif dalam memilih makanan yang kita konsumsi, semoga artikel di atas dapat memberi gambaran makanan yang harus dihindari bagi yang terkena asam urat, makasih infonya sob :)

    BalasHapus
  6. ternyata makanan laut menempati juara dalam penyebab asam urat... harus mulai dikurangi nih konsumsi kerang dan kepiting... terimakasih infohnya sob

    BalasHapus
  7. jadi inget kata bang Haji Roma Irama, "kenapa yang enak enak. itu di haramkan . . ." tapi dalam hal ini "Kenapa yang enak-enak itu bikin penyakitan"
    hehehehe :P
    saya paling suka makanan laut, :D

    BalasHapus