Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik

Rabu, 06 November 2013

Berolahraga Sambil Mendengarkan Musik

Apakah Anda gemar berolahraga sambil mendengarkan musik? Pertahankan terus kebiasaan ini karena jogging sambil mendengarkan musik tidak hanya membuat olahraga terasa menyenangkan tapi juga memberikan manfaat ekstra.


Musik dapat dijadikan sebagai pengalih perhatian yang baik, sehingga ketika berolahraga kita tidak mudah merasa lelah. Musik juga dikatakan dapat meningkatkan performa atletik sampai 15 persen. Semakin cepat beat-nya, semakin tubuh kita merasa bersemangat saat berolahraga.

Namun perlu diingat, musik dengan tempo yang terlalu cepat juga tidak baik. Yang direkomendasikan adalah lagu-lagu dengan 120-140 ketukan per  menit karena mampu memberikan efek maksimal pada olahraga bersepeda, jalan cepat, dan berenang.

Selain itu musik favorit juga bisa dijadikan motivasi ketika sedang malas berolahraga. Hal ini disebabkan karena orang cenderung mengaitkan sebuah lagu pada memori kapan dan dimana mereka mendengarkan lagu itu pertama, nah keterkaitan inilah yang menjadi motivasi tersendiri bagi performa fisik seseorang.

Tak heran kalau di gym lagu-lagu yang diputar selalu saja berhasil membuat pengunjungnya bersemangat.

20 komentar :

  1. saya setuju sekali karena sambil mendengarkan musik pastinya akan mengurangi rasa jenuh ketika berolahraga, tapi mungkin cara ini harus dihindari ketika kita berolahraga dijalan atau di tempat yang ramai, karena ditempat saya banyak terjadi yang sedang jogging pagi atau sore hari terserempet kendaraan karena bunyi klakson kendaraan tidak terdengar sebab dia mendengarkan musik dari gadget yg digunakannya seperti pada gambar diatas, dan ditempat lain katanya bahkan sampai ada yang tertabrak kereta api karena hal yang sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngeri banget ya kalo sampe ketabrak kereta api, tapi mudah-mudahan pejogging bisa lebih hati-hati.. minimal jogging-nya di jalan-jalan yang jarang dilalui kendaraan, misalnya komplek sekitar perumahan gitu mas WS.

      Hapus
  2. saya juga pernah jogging sambil bermusik, memang enak mba dan terasa lebih nyaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya musik bisa bikin joggingnya lebih semangat ^^

      Hapus
  3. kalau jogging di jalan raya memang harus hati-hati ya, jangan sampai terjadi hal yang tidak di inginkan. di tempat saya juga pernah ada kejadian orang terserempet angkutan umum karena jogging sambil mendengarkan musik lewat earphone

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, harusnya jangan jogging di jalan-jalan yang sering dilalui angkutan umum tuh bahaya..

      Hapus
  4. Saya sering liat tayangan iklan SEHAT JANTUNG merek sebuah makanan berserat Merek tertentu. Di sana ada gambar wanita muda atau professional muda wanita yang Joggingnya sambil dengarkan musik. Rupanya benar benar ada ya kebiasaan seperti ini,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak asep, kebiasaan mendengarkan musik saat berolahraga dapat meningkatkan performa fisik sehingga manfaat olahraga pun dapat dioptimalkan :)

      Hapus
  5. kalau olahraga sambil mendengarkan musik itu rasanya nyaman sekali apa lagi lagu kesukaan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau efeknya bagus teruskan saja kebiasaan itu mas bayu ^^

      Hapus
  6. Kalau saya berolahraga tanpa dengar musik lebih asyik kalau dengar musik takut merusak saraf otak dan pendengaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan terlalu keras aja musiknya mas abed :)

      Hapus
  7. wah baru tahu nih saya, kalo jogging sambil mendengarkan musik itu membangkitkan tenaga yang extra,,,,

    nice info

    BalasHapus
  8. Berolah raga sambil dengerin musik mungkin biar terasa lebih enjoy kali ya..saya dah jarang berolah raga soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya jarang olahraga di luar ruangan, paling seminggu sekali :)

      Hapus
  9. kalo saya suka mendengarkan musik sambil ngeblog, hehehe :)

    BalasHapus
  10. Berolahraga sambil mendengarkan musik emang lebih asik.. diluar negeri kebanyakan budayanya seperti itu. Namun untuk olahraga Renang, sepakbola, tinju saya rasa tidak cocok :)

    BalasHapus
  11. kalo menurut saya jogging jangan di jalan raya,,,
    berbahaya untuk kesehatan karena secara langsung kita menghisap gas C02

    BalasHapus
  12. belum pernah nyoba, ntar di coba ah..

    BalasHapus