Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari

Senin, 12 Agustus 2013

Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari

Saat bangun pagi, beberapa dari kita -terutama yang bermasalah dalam pola makan, sering merasakan sakit perut berupa mulas dan ingin buang air besar. Dilihat dari segi kesehatan, kebiasaan buang air besar setiap pagi adalah hal yang wajar. Akan tetapi jika sakit perut selalu saja muncul setiap pagi, hal ini sangat menganggu, karena bisa menghambat rutinitas seseorang.


Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari

Setiap organ memiliki waktu kerja maksimal dan minimal. Dalam kasus sakit perut di pagi hari, ada kaitannya dengan usus besar yang bekerja maksimal pada jam 05.00 - 07.00 dan minimal 17.00 - 19.00. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari makan malam berlebihan supaya makanan yang masuk tidak menjadi timbunan sampah. Lebih baik sedikit tapi mencakup nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu penting juga untuk mengetahui waktu-waktu kerja organ lain sebagai berikut:

- Paru-paru bekerja maksimal antara pukul 03.00-05.00. Minimal pukul 15.00-17.00
- Usus besar bekerja maksimal antara pukul 05.00-07.00. Minimal pukul 17.00-19.00
- Lambung bekerja maksimal antara pukul 07.00-09.00. Minimal pukul 19.00-21.00.
- Limpa bekerja maksimal antara pukul 09.00-11.00 Minimal pukul 21.00-23.00.
- Jantung bekerja maksimal pukul 11.00-13.00. Minimal pukul 23.00-01.00
- Usus kecil bekerja maksimal pukul 13.00-1 5.00. Minimal pukul 01.00-03.00.
- Kantung kemih bekerja maksimal pukul 15.00-17.00. Minimal pukul 03.00-05.00.
- Ginjal bekerja maksimal pukul 17.00-19.00. Minimal pukul 05.00-07.00
- Selaput jantung bekerja maksimal pukul 19.00-21.00. Minimal pukul 07.00-09.00
- Tiga pemanas bekerja maksimal pukul 21.00-23.00. Minimal 09.00-11.00
- Kandung empedu bekerja maksimal pukul 23.00-01.00. Minimal pukul 11.00-13.00
- Hati bekerja maksimal pukul 01.00-03.00. Minimal 13.00-15.00

Kesimpulannya semua organ memiliki masa kerja 12 jam sesudah ia bekerja maksimal. Dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan muncul kesadaran untuk memperlakukan tubuh kita secara rasional. Salah satunya dengan tidak membiarkan lambung bekerja tanpa diberi makanan pada waktu 07.00 sampai 09.00 apalagi kalau hanya diberi kopi saja, untuk mencegah perut kembung dan berkumpulnya gas di dalam perut.

11 komentar :

  1. ini yang paling menyebalkan bagi Saya, sejak zaman SD sampai sekarang setiap pagi saya selalu sakit perut, tapi yang bikin saya sebal bukan sakit perutnya.
    setiap saya sudah selesai bersia-siap untuk berangkat sekolah (waktu zaman sekolah) dan berangkat kerja, baru deh perut saya mules mules, klo baru bangun saya jarang sakit perut.
    tapi pas udah mandi, udah sarapan, udah pakai seragam rapih. bahkan sering juga udha nyalahin motor.
    ehhhhhhhhhhh mules-mules nya kambuh . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh kalo itu saya juga pernah mengalaminya, tapi keluhan saya dulu ada kaitannya dengan stress. mules pas berangkat sekolah karena mau ulangan hehehe

      coba kopinya diganti mas, karena beberapa kopi ada yang mengandung semacam zat pencuci perut sehingga bikin mules. :)

      Hapus
    2. sama kayak aku, sesampe di sekolah. malah mules terus.

      Hapus
  2. Sakit perut bnget niy qlo makan bnyak... gmna mw gndutnya coba...?! Makan dikit aja langsung kenyang. Ketika mkan bnyaak eeh paginya malah sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah banyak-banyak mbak, saya juga kalo makan porsinya kecil tapi sering.. hehe :D

      Hapus
  3. Sakit perut saya beda lagi waktunya sob, ketika saya bangun subu nah perut langsung terasa sakit..

    BalasHapus
  4. Akhir" ini saya jga sering sakit perut di pagi hari,,mungkin jga karena sering mengonsumsi kopi,susu dan makanan yg tak sehat

    BalasHapus
  5. Saya jg merasakan sakit perut tiap pagi, seperti mau BAB tp tidak, mulasnya sangat mengganggu aktifitas saya😭

    BalasHapus
  6. saya juga sering merasakan sakit perut yang hebat,, dan ini terjadi setelah saya sarapan pagi, padahal sebelumnya saya tidak pernah sarapan dan perut saya baik-baik saja, tetapi setelah sarapan kok malah jadi sakit yaa :'(

    BalasHapus
  7. saya juga sering sakit perut.. setiap berangkat kerja nyampe kantor lgsg mules2.. dan itu terjadi setelah makan atau pun belum makan..
    bikin bete .. yang harusnya sudah mengerjakan tugas kantor jadi terhambat karna sakit perut :'(
    padahal kalau hari libur di rumah pun biasa ajah.. perut gak pernah mules :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama lagi ama saya. kalo waktu cuti itu, perut nya okey2 aja.

      Hapus