Penyebab Sakit Perut Setelah Makan

Kamis, 03 Oktober 2013

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan

Sebagian makanan bisa berperan sebagai penambah energi, penghasil panas atau disimpan dalam bentuk glikogen atau lemak. Sebagian lagi juga dapat menimbulkan gas yang menyebabkan perut kembung, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman di perut setelah makan. Gangguan seperti ini bukanlah masalah serius akan tetapi jika terus terjadi setiap kali selesai makan, hal ini bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi saat mulai bekerja kembali.

Perhatikan Pola Makan

Jika mengalami sakit perut setelah makan, saatnya mengubah menu makanan yang dikonsumsi dan cara makan. Mulai dari sarapan, santaplah makanan ringan atau roti, bukan makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya. Karena pada saat bangun tidur, asam lambung cenderung meningkat dan makan berat pada kondisi ini jelas pola makan yang buruk.

Menerapkan pola makan yang baik itu gampang-gampang susah, tapi kalau kita sudah terbiasa, rasanya tidak seperti berdiet tapi menemukan a way to life. Hindari makan 2-3 jam sebelum tidur, karena berbaring dalam keadaan perut penuh dapat menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan sehingga tak heran bila terasa mual-mual kalau sudah makan langsung tiduran. Porsi makan malam yang terlalu banyak juga menyebabkan sakit perut di pagi hari.

Kurangnya asupan serat juga diyakini sebagai penyebab sembelit, untuk memenuhi kebutuhan serat Anda bisa mengkonsumsi roti gandum, beras merah, sayur dan buah serta kacang-kacangan. Terakhir, minum dua gelas setelah makan dapat mencegah sakit perut setelah makan datang kembali.

11 komentar :

  1. Setelah sarapan, saya sih biasanya mules... (sama gak ya dg sakit perut?) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pertanda perutnya 'kaget' dikasih makanan karena menu sarapannya tergolong berat, tapi kategori makanan ringan dan berat setiap orang suka beda-beda mas Pri :D

      Hapus
  2. kok aku juga sama ya kalo habis sarapan perutku mules, akhirnya sarapannya agak siangan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo setau saya, sarapan itu bagusnya 90 menit setelah bangun tidur, tujuannya buat menjaga kesehatan lambung :)

      Hapus
  3. klo habis sarapan mules itu justru pencernaan bekerja normal, wajar hbs sarapan, perut langsung buang kotoran makanan yg kmrn hari kita makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah menambahkan ya mas bintang, betul itu wajar karena di pagi hari usus besar sedang bekerja maksimal. dengan memperhatikan menu makan malam, pencernaan bisa lancar tanpa harus mules berkepanjangan :D

      Hapus
  4. ternyata makan 2 - 3 jam sebelum tidur itu tidak bagus bagi kesehatan ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain bisa menyebabkan mules di pagi harinya juga bisa bikin gemuk :)

      Hapus
  5. wah..kebiasaan saya sebelum tdur bukan makan lagi tapi minum susu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus itu mbak, dianjurkan malah :D

      Hapus
  6. kalau jika bangun pagi perut hanya terasa sakit tetapi tidak mules bagaimana? tp trkdng mules tu jarang bgt

    BalasHapus