Cara Mencegah Ngantuk di Pagi Hari

Jumat, 04 Oktober 2013

Cara Mencegah Ngantuk di Pagi Hari

Ketika pekerjaan menunggu, ngantuk di pagi hari jelas-jelas akan menghambat Anda bekerja, akibatnya susah konsentrasi dan pekerjaan pun tidak terselesaikan pada waktunya. Saya pernah merasa ngantuk di pagi hari, saya tidak ingin mencari tahu penyebabnya karena rasa ngantuk yang luar biasa beratnya itu membuat saya menganggap pekerjaan ini membosankan sebelum saya memulainya. Padahal jika saya memaksakan diri untuk membuat kopi, saya menemukan betapa menariknya pekerjaan saya dan alangkah disayangkan kalau saya meninggalkan komputer hanya demi ranjang. Tips berikut ini telah saya terapkan dan hasilnya sangat efektif dalam mencegah ngantuk di pagi hari.
cara mencegah ngantuk di pagi hari

Tetapkan jam tidur yang sama.
Menerapkan jam tidur yang sama membantu tubuh kita terbiasa bangun di pagi hari, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur 7-8 jam soalnya kurang tidur bikin wajah jadi jelek. Kalau tubuh sudah terbiasa dengan jam biologisnya, biasanya Anda akan semakin jarang merasa ngantuk di pagi hari karena secara tidak langsung tubuh Anda merasakan manfaat bangun pagi.

Apabila Anda sudah mencoba tips di atas selama seminggu dan rasa ngantuk di pagi hari masih saja muncul, berarti penyebabnya ada di kebiasaan Anda sebelum tidur.

Matikan semua alat elektronik.
Ponsel, televisi, komputer bahkan lampu di kamar Anda harus dimatikan ketika Anda beranjak tidur. Ini membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, hindari menonton TV atau internetan minimal 30 sebelum tidur. Dulu saya sering mengabaikan dampak main internet sebelum tidur, namun setelah saya sadar bahwa tubuh saya adalah aset terbesar dalam bekerja, saya mulai memberi kesempatan pada tubuh untuk benar-benar merasa rileks agar mendapatkan tidur yang berkualitas. Biasanya dengan bantuan buku.

Hindari alkohol.
Beberapa orang berpikir bahwa alkohol membuat tidur lebih mudah, tapi tidur dalam keadaan mabuk bukanlah tidur yang berkualitas. Anda tidur pada jam yang tidak seharusnya Anda tidur, atau sebaliknya Anda terjaga pada jam seharusnya Anda tidur. Ini benar-benar merusak pola tidur Anda. Belum lagi ketika bangun nanti, Anda masih bisa merasakan kepala pening dan mual-mual.

Lakukan aktivitas ringan saat bangun tidur.
Meluangkan 30 menit untuk berjalan kaki membantu tubuh Anda meningkatkan sistem imun, mencegah stroke, menurunkan resiko diabetes serta menyehatkan jantung. Baca juga cara menghindari sakit jantung.

Segeralah mandi.
Kalau cara-cara di atas masih saja sulit diterapkan, hal yang harus Anda lakukan untuk 'membangunkan' saraf-saraf Anda hanyalah mandi. Semakin Anda menunda waktu mandi, semakin Anda merasa ngantuk dan berpikir kalau hari ini membosankan. Padahal Anda sama sekali belum memulainya! Dengan mandi, rasa ngantuk bisa hilang dan menjadi lebih bersemangat.

18 komentar :

  1. tidur dipagi hari memang harus dihindari, karena menurut iskam kalau tidur dipagi hari akan menolak rizki, bukan begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau diliat dari efeknya, bangun kesiangan membuat seseorang mudah depresi dan pesimis, ujung-ujungnya kerjaan gak bener dan memang iya rejeki jadi sulit didapat :)

      Hapus
  2. Harus digalakkan rutinitas yg bermutu. Brt bukan "bangun tidur ku terus mandi", ya? :lol:

    BalasHapus
    Balasan
    1. mandi juga termasuk rutinitas ko mas Pri, ini malah yg lebih ampuh ngilangin ngantuk :)

      Hapus
  3. Saya biasanya kalau pagi hari bantuin ibuk masak mbak, jadi nggak ngantuk dech hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak ririn selain hobi ngeblog juga hobi masak :p

      Hapus
  4. Mbak saya mau meluruskan Nama Widget yang ada di Footer Blog ini.

    Incredible Support itu artinya dukungan yang tidak dapat dipercaya. Jadi yang benar adalah Credibel Support :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya mbak atas pencerahannya. Saya sendiri malah gak terlalu memikirkan nama widget soalnya itu bawaan template hehehe :D

      Hapus
  5. wah saya kayaknya jarang ngak bersentuhan dengan electronic sobat.

    tips mantap sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah masa? padahal benda yang paling sering kita sentuh adalah elektronik, salah satunya ponsel.

      Hapus
  6. Saya kalau mandi di siang hari kok malah ngantuk mbak,,, hmmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngantuk di siang hari tinggal ngopi aja mbak Indri, dengan syarat 2 jam sebelumnya harus udah makan.

      Hapus
  7. untuk point terakhir, seperti nya itu yang membuat saya sering ngantuk di pagi hari yahhh :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi mas David ngantuknya sehabis mandi pagi ya? wkwkwk ko bisa :3

      Hapus
  8. entahlah, tapi selalu begitu :D :D :D

    BalasHapus
  9. Ternyata banyak juga yg alamin masalah yg sama

    BalasHapus
  10. kalo saya mengatasi ngantuk pagi salah satunya ga sarapan, kalo aktivitas paginya ringan gituu

    BalasHapus