Manfaat Air Hangat Untuk Kesehatan

Senin, 03 Maret 2014

Manfaat Air Hangat Untuk Kesehatan

Air adalah minuman universal bagi makhluk hidup, baik manusia atau pun hewan sama-sama membutuhkan air untuk menghilangkan haus. Manusia masih bisa bertahan hidup tanpa makanan selama dua minggu, akan tetapi tanpa air minum, manusia hanya bisa bertahan 2-3 hari. Fakta ini membuktikan bahwa air lebih penting ketimbang makanan.Tapi ironisnya, orang bisa saja salah mengartikan sinyal tubuh, karena rasa haus seringkali meniru rasa lapar.

Sejak ribuan tahun lalu, masyarakat China terbiasa minum air panas setelah makan. Tujuannya untuk membuat makanan lebih mudah dicerna dan meningkatkan daya ingat, wah pantas saja di China ada banyak orang yang panjang umur dan masih produktif di usia tua. Untuk mendapatkan manfaat lebih dari air minum, Dreamers Radio menyarankan minum air hangat. Berikut ini 7 manfaat ekstra yang bisa Anda dapat.

1. Melancarkan pencernaan
Meminum air hangat dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Penyerapan nutrisi dapat dimaksimalkan dengan air hangat, sehingga apabila seorang anak yang sejak kecil dibiasakan minum air hangat, pertumbuhannya dapat berjalan optimal.
 
2. Membersihkan tubuh dari racun
Dalam kehidupan kita sehari-hari, perabot yang sulit dibersihkan dengan air biasa akan menjadi lebih bersih ketika dibilas dengan air hangat. Hal ini pun berlaku bagi tubuh kita. Dengan meminum air hangat, tubuh kita dapat membuang racun dan zat-zat lain yang tidak dibutuhkan. Kalau Anda pecinta mie instan seperti saya, Anda pasti sudah pernah dengar bahwa tubuh membutuhkan waktu setidaknya 3 hari untuk membersihkan diri dari zat pengawet yang terkandung dalam mie instan. 

3. Membuat Anda terlihat lebih cantik
Air hangat membantu wajah Anda terlihat lebih cerah, baik diminum ataupun dipakai mandi, air hangat memberi manfaat yang bagusnya bagi kulit Anda. Membiasakan diri meminum air hangat setelah makan dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya.

4. Baik  untuk ternggorokan
Masalah tenggorokan bisa muncul setelah kita mengkonsumsi makanan/minuman dingin. Apabila Anda mengalami gangguan tenggorokan, air hangat bisa jadi penyembuh yang aman.

5. Merangsang pergerakan usus
Air hangat bisa dijadikan solusi bagi Anda yang punya keluhan sembelit, karena selain melancarkan pencernaan, air hangat juga dapat mengatasi sakit perut di pagi hari.

6. Membantu turunkan berat badan
Sudah menjalankan diet tapi belum juga berhasil turunkan berat badan? Mungkin karena sudah saatnya Anda memasukkan air hangat ke dalam menu harian. Karena dengan meminum air hangat pencernaan menjadi lebih lancar, bukan tidak mungkin menurunkan berat badan pun akan jadi lebih mudah.

7. Menenangkan pikiran
Minum air hangat juga memberikan manfaat dari segi psikologis. Apabila diminum setiap pagi dan secara perlahan-lahan, kita akan merasakan ketenangan dalam pikiran. Ternyata ada banyak cara mudah untuk mengatasi stress ya. Tapi ingat, jangan minum air panas dengan tergesa-gesa karena kita tahu itu sungguh tidak nyaman.

13 komentar :

  1. kalau saya tidak salah minum air putih minimal delapan gelas setiap hari yaa mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, dokter menyarankan kita untuk minum 8-12 gelas air putih per hari. akan tetapi sampai sekarang belum ada penelitian yg membuktikan bahwa tubuh kita membutuhkan air sebanyak itu. walaupun tubuh kita butuh banyak cairan, bukan berarti harus diberi suplai dengan air putih.. misalnya sayuran atau buah-buahan juga mengandung cairan :)

      Hapus
  2. Ternyata banyak sekali manfaatnya ya, Terimakasih Mbak infonya sangat bermanfaat nih. kebetulan saya jarang sekali memanfaatkan air hangat ini untuk kesehata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang bisa berbagi, terimakasih kunjungannya..

      Hapus
  3. saya paling hobi minum aer anget menjelang panas :) kalau abis makan, kaya bikin tenggorokan lancar apalagi abisa makan yg berlemak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pantas saja minum air hangat baik untuk tenggorokan, karena efeknya bikin lancar toh.. biasanya habis makan gorengan suka ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan, nah bisa diatasi dengan air hangat :)

      Hapus
  4. Air anget matang memang suk angat bermanfaat sekali untuk kesehatan yah
    Mbak Elsawati, setiap hari saya meminumnya. makasih atas tips sehat nya :)

    BalasHapus
  5. Boleh juga nih tips dipraktekkin. Tp kok malah menurunkan berat badan ya? Saya maunya yg menaikkan berat badan, h-hee...

    BalasHapus
  6. untuk air hangat bagi saya bikan hanya diminum saja,namun setiap pagi saya juga mandi pakai air hangat,rasa pegal dan linu langsung hilang setelah mandi pakai air hangat tersebut,,,,

    BalasHapus
  7. Benar mba.., terasa banget air putih itu bermanfaat bagi saya ketika masuk angin, trus ketika bermasalah dalam percernaan .. :D Bukan apa-apa.. soalnya ini udah dari dulu-dulu saya terapin.. :)

    BalasHapus
  8. ada beberapa yang baru saya tau seperti membuat tambah ganteng khususnya :D

    BalasHapus
  9. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus