Alasan Anda Masih Lapar Walau Sudah Makan Banyak

Kamis, 27 Februari 2014

Sebenarnya ini pengalaman pribadi. Saya adalah seorang wanita dengan tinggi 150 cm dan berat bedan 40 kg, boleh dibilang saya memiliki tubuh yang mungil tapi ironisnya porsi makan saya lebih besar dari mereka yang bertubuh gemuk! Seolah-olah sebanyak apa pun makanan yang saya santap, berat badan saya tetap saja bertahan di angka 40, bahkan terkadang bisa turun jadi 37 kg dengan sendirinya. Yang membuat saya merasa stuck adalah jika saya sudah makan banyak tapi masih saja lapar, kebiasaan ini tentu sangat mengganggu. Apalagi jika Anda juga mengalami hal yang sama, sulit konsentrasi pada pekerjaan adalah salah satu dampaknya.


Kurang Minum

Dehidrasi bisa meniru lapar, inilah yang membuat kita terkadang mengartikan sinyal haus sebagai lapar. Kekuarangan cairan bisa membuat kita seolah-olah ingin makan sesuatu, padahal jika kebutuhan air minum dicukupi setiap harinya, kita bisa terbebas dari rasa lapar terus menerus. Bukan berarti kita bisa menunda lapar dengan minum, tapi setidaknya banyak minum air putih membantu tubuh kita agar tetap terjadwal. Ingat, pola makan yang tidak terjadwal bisa memicu asam lambung.

Tidak Makan Sayur

Sayuran hijau mengandung vitamin B dan folat yang berguna untuk melindungi tubuh kita saat depresi, kelelahan, dan mencegah kelebihan berat badan. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin K yang dapat membantu insulin agar keinginan untuk makan bisa diredam. Produksi insulin yang stabil dapat menghindarkan kita dari resiko diabetes. Baca juga cara mencegah penyakit diabetes.

Sedikit Sarapan

Dikutip dari Liputan6, peneliti University of Cambridge menemukan, orang yang makan hanya 300 kalori di waktu sarapan berat badnanya naik dua kali lipat sama seperti yang makan 500 kalori. Alasannya, sarapan banyak membuat kenaikan gula darah dan insulin lebih kecil, yang artinya makan tiba-tiba jadi jarang.

Penelitian lain menemukan, makan sarapan yang mengandung 30-39 gram protein seperti telur dan sosis bisa menahan lapar sepanjang hari, dibandingkan sarapan yang rendah protein.

Untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan, saya rekomendasikan Hi-Green Tea Pelangsing Alami.

17 komentar :

  1. Pada anak-anak juga mengalami hal seperti ya mbak. Makannya banyak namun badan tetap kurus. Memang anak2 malas makan sayur, minum, dan sarapan. Terima kasih informasinya, mbak Elsa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika membaca berita di liputan6 seputar anak kurang gizi, saya jadi kepikiran pengen bikin postingan ini mas. hehehe terimakasih kembali atas kunjungannya :D

      Hapus
  2. Anak pertama saya makannya banyak tp juga gak gemuk2... org bilang soalnya tumbuhnya ke atas bukan ke samping... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah kalau begitu.. seandainya masih bisa diusahakan saya pengen nambah 10 cm lagi wkwkwk :))

      Hapus
  3. bener banget mbak, saya sering ngalami yang seperti ini.. makasih infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah wah, semoga nggak ngalamin lagi.. hehe

      Hapus
  4. kalau saya masih lapar karena memang belum makan. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaah.. kalo gitu cepetan makan mas, traktir saya juga. wkwkwk

      Hapus
  5. Yang saya perhatikan memang seperti itu mbak teman2 saya yang tubuhnya ramping sekali makannya 2x lipat porsi saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aneh ya mbak, banyak makan ko gak gemuk-gemuk..

      Hapus
  6. Itu namanya kemaruk mbak bukan lapar lagi hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa itu kemaruk mas? terasa asing bagi saya.. wkwk

      Hapus
  7. Yahaha untung saya engga
    saya lapar kalau udah minum kopi malah, tapi porsi makan wajar2 aja malah seringnya makan udah siang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong mas! saya sampai heran kenapa kopi efeknya bikin lapar

      Hapus
  8. kalau saya biasanya makan 1 piring penuh sob, maka nya langsung kenyang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 piring penuh itu buat sehari semalam? wah, gak efektif dong, mending porsi kecil tapi sering..

      Hapus
  9. Saya kecil dan ramping tapi makannya banyak. Gak bisa gemuk, sekalinya gemuk cuma pipi dan perut doang yang bincit, itu tidak sehat. Sekarang saya makan 5-6 kali porsi kecil dan olahraga.

    BalasHapus