Cara Mengendalikan Asam Lambung

Sabtu, 07 September 2013

Cara Mengendalikan Asam Lambung

Pada artikel sebelumnya, cara menjaga kesehatan lambung disarankan untuk tidak makan dengan tergesa-gesa. Karena otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menerima pesan bahwa tubuh sudah kenyang, jadi sebaiknya nikmatilah makanan Anda lebih lamban. Makan dengan perlahan-lahan membantu Anda merasa kenyang lebih lama, melancarkan metabolisme dan sistem pencernaan. Agar asam lambung dapat dikendalikan inilah hal-hal yang perlu dibiasakan.

cara mengendalikan asam lambung

Cara Mengendalikan Asam Lambung

Kurangi stress.
Menurut The American Journal of Gastroenterology stress bisa menjadi pemicu banyak penyakit. Sama halnya dengan penderita maag dan asam lambung, ketika mereka berada dalam kondisi tertekan, produksi asam lambung menjadi tidak terkendali dan membuat kita kehilangan selera makan sehingga pola makan pun menjadi tidak teratur. Tidur cukup dan memenuhi kebutuhan air minum adalah solusi mencegah stress.

Kurangi berat badan.
Kelebihan berat badan atau obesitas rentan dengan resiko refluks gejala asam lambung. Menurut beberapa studi, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat bisa memicu asam lambung melebihi efek yang diberikan kopi. Diet sehat dengan membatasi karbohidrat, memilih sayuran berdaun dan berbunga serta kaya serat dapat menstabilkan gula darah.

Kurangi makanan pemicu refluks.
Jeruk, tomat, bawang putih dan beberapa jenis makanan lainnya dapat meningkatkan resiko refluks karena memicu produksi asam lambung berlebih. Meskipun reaksi setiap orang pada jenis makanan ini berbeda-beda, ada baiknya kita waspada terutama jika setelah mengkonsumsi makanan tersebut (dalam waktu yang tidak tepat) menimbulkan rasa tidak nyaman di ulu hati.

Refluks adalah naiknya asam lambung ke esofagus yang terjadi akibat belum sempurnanya katub antara lambung dan esofagus. Dengan mengurangi stress kita bisa mengurangi resiko terkena berbagai penyakit, jadi pintar-pintarlah dalam mengelola emosi. :)

7 komentar :

  1. jangan sampai telat makan juga. ^_^

    BalasHapus
  2. Mengurangi stress itu yang harus, hehehehe..
    Terima kasih mbak Elsa atas tipsnya..

    Happy Blogging..!

    BalasHapus
  3. makasih mas.., bermanfaat skali...! *smile

    BalasHapus
  4. owh gitu yah gan thanks gan infonya :)

    BalasHapus
  5. ternyata stres bisa membicu asam lambung. terimakasih atas artikelnya.

    BalasHapus
  6. kalau aku mudah stres sehingga perut terasa mual,

    BalasHapus
  7. Informasi yang sangat bermanfaat sekali mbak. Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus