Benda Yang Paling Sering Menularkan Bakteri

Selasa, 08 Oktober 2013

Benda Yang Paling Sering Menularkan Bakteri

Dalam kehidupan kita sehari-hari ada benda-benda yang sering kita sentuh. Saking seringnya kita memegang benda-benda ini sampai-sampai tidak sadar ada banyak sekali bakteri ditularkan. Kebanyakan orang termasuk saya juga menyepelekan bakteri dari benda-benda ini tapi kalau tidak diperhatikan, efek merugikan yang disebabkan bakteri bisa berdampak serius bahkan infeksi. Apa saja benda-benda tersebut?


1. Ponsel
Semua orang punya ponsel, karenanya ponsel adalah benda berkuman yang paling sering kita pegang. Bakteri yang ditemukan menempel di ponsel adalah Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Sebuah penelitian di University of Arizona menunjukkan 20 persen ponsel positif terkontaminasi MRSA. Caranya membersihkannya mudah, yaitu dengan memakai disinfektan yang dijual di apotik. Jarang sekali orang mau membersihkan ponsel karena kumannya tidak terlihat.

2. Shower
Sekarang mari kita periksa kamar mandi. Penelitian di University of Colorado menunjukkan ada jutaan mikroba di kamar mandi, termasuk di shower dan tirai kamar mandi, 80 persen di antaranya adalah Methylobacter dan Sphingomonas. Dengan memakai shower dari logam kuman tidak akan betah bersarang karena lebih mudah dibersihkan, dan bentangkan tirai kembali meski kamar mandi tidak dipakai untuk mencegah bakteri bersarang di lipatan tirai.

3. Keyboard dan Mouse
Dibandingkan dudukan toilet, mouse dan keyboard ternyata mengandung lebih banyak kuman. Dibanding dudukan toilet yang hanya mengandung 49 kuman per square inch, keyboard dinilang lebih jorok karena ditemukan 3.925 kuamn per square inch kuman berkeliaran. Mungkin terdengar sepele, namun ketika sistem imun tubuh sedang lemah, paparan kuman, bakteri, dan virus bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

4. Tempat tidur
Saat tidur tubuh manusia melepaskan panas, tak jarang kalau saat bangun tidur kita mendapati tubuh yang bau keringat. Kebersihan sarung bantal dan sprei perlu diperhatikan dengan mencucinya 3 hari sekali, agar tempat tidur terbebas dari bakteri Chlamydia trachomatis. Selain itu, sprei bisa menjadi media penularan cacing kremi. Waspada jika mulai terasa  gatal-gatal di anus pada malam hari pertanda Anda telah terinfeksi.

Jadi, sudahkah Anda memperhatikan kebersihan dari benda-benda ini?

15 komentar :

  1. Kalau Hp saya Sendiri mungkin jarang kumannya,karena Sering saya cuci pakai Sunlight.

    Tapi kalau hp orang gak tahu,Soalnya jarang mau otak atik hp orang lain.

    Intinya Sih agar terhindar kuman ya harus rajin bersih2. Dan kalau tangan pastikan mencuci tangan dengan Anti septik sabun, setelah memegang sesuatu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, apalagi kalau mau makan penting sekali mencuci tangan kita terlebih dahulu ^^

      Hapus
  2. intinya barang2 elektronik itu banyak kumannya ya?
    bahaya nih saya brrti soalnya saya tidak pernah jauh dengan yg namanya keyboard maupun mouse, trus solusi untuk saya ini gmna ya?
    thanks

    BalasHapus
  3. rajin-rajin dibersihkan keyboard-nya, alat untuk membersihkan keyboard mudah didapat ko mas di toko komputer terdekat ^^
    bagusnya sih tiap hari tapi kalo saya seminggu sekali aja udah cukup.

    BalasHapus
  4. Bakteri memang ada dimana-mana ya mbak. Kita harus rajin cuci tangan agar terhindar dari kuman :)

    BalasHapus
  5. Kuman ada dimana-mana tapi kita tidak sadar. Yg penting jgan lupa selalu cuci tangan

    BalasHapus
  6. ternyata barangnya simple2 ya mbak,,
    nice info deh :D
    salam kenal,,

    BalasHapus
  7. Satu lagi uang kertas tanpa kita sadari uang juga jadi media yang bisa menularkan virus dan semacamnya.

    BalasHapus
  8. Ada satu lagi mbak benda kotor yg sering kita pegang, yaitu uang. Uang selalu berpindah dari tangan ke tangan dan gak pernah dicuci, hehehe :)
    nice share!

    BalasHapus
  9. Kalo yg ndak punya shower...gayung bebas bakteri ya mbak..

    BalasHapus
  10. tuettu l l l,
    nice info gann , , ,

    mampir di http://nawayhac.blogspot.com

    BalasHapus
  11. wah tempat tidur emang berbahaya sekali... apalagi klo anak kos seperti aku. hehehe...
    BTW setir mobil sm setang sepeda motor katanya lebih berbahaya berpuluh-puluh kali lipat ya??

    BalasHapus
  12. Simpel tapi sangat bermamfaat !! :D

    kerennn mba :)

    BalasHapus
  13. oooohh...
    inilah kenapa ada yang bilang,
    sebelum tidur seprei dikebut tiga kali..
    ternyata untuk menghilangkan kotoran dan bakteri ya

    BalasHapus